MTs Nurul Islam

PROFIL UMUM

 Masyarakat saat ini sangat membutuhkan pendidikan yang berbasis pesantren dan layak bagi anak usia sekolah, MTs Nurul Islam menjadi salah satu alternatif dalam memenuhi harapan mereka. Partisipasi dan dukungan dari masyarakat relatif tinggi dalam menunjang pendidikan di madrasah.

Kondisi pendidikan di MTs. Nurul Islam secara umum cukup kondusif. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan belajar mengajar yang berjalan normal. Secara internal, di MTs Nurul Islam, sudah memenuhi kualifikasi guru S1 90% dan guru yang bersertifikasi serta mengajar dibidangnya 80%, sarana dan prasarana seperti lahan, gedung, pertamanan, lapangan olahraga, perpustakaan, laboratorium IPA, aula dan tempat ibadah sudah memadai. Buku pegangan siswa secara bertahap sudah terpenuhi.

Adapun harapan MTs Nurul Islam ke depan adalah menjadi MTs yang maju dan berkualitas, dengan terselenggaranya proses belajar mengajar sesuai dengan standar, memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, kelulusan siswa sesuai dengan Kriteria Kelulusan Minimal, memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai sesuai, serta memiliki standar pengelolaan dan menejemen madrasah yang lebih ideal.

IDENTITAS MADRASAH

Nama Lembaga                 : MTs Nurul Islam Karangcempaka

Status                                  : Terakreditas A

N S M                                  : 212 352 902 006

Nama Yayasan                   : Yayasan Pesantren Nurul Islam.

Tahun Beroperasi              : 1974.

Status Tanah                      : Wakaf.

Status Bangunan               : Milik Yayasan Pesantren Nurul Islam

 

VISI DAN MISI

Visi :

Terwujudnya Lulusan Madrasah Yang Beriman, Beramal Soleh, Dan Berilmu Serta Memiliki Daya Saing Dalam Bidang Iptek, Olah Raga,  Berwawasan Lingkungan Dan Cakap“.

Misi :

  1. Menjadikan ajaran-ajaran dan nilai-nilai Islam sebagai pandangan hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
  3. Memiliki daya saing dalam prestasi UNAS
  4. Memiliki daya saing dalam memasuki madrasah Aliah dan perguruan tinggi yang favorit.
  5. Memiliki daya saing dalam prestasi olimpiade matematika, IPA, pada tingkat lokal dan nasional
  6. Memiliki daya saing dalam prestasi seni dan olah raga.
  7. Memiliki kemandirian, kemampuan beradaptasi dan survive di lingkungannya.
  8. Memiliki daya saing dalam memasuki lapangan pekerjaan
  9. Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan
  10. Memiliki lingkungan Madrasah yang sehat, bersih, indah dan nyaman dan kondusif untuk belajar.
  11. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Madrasah, Komite Madrasah dan stakeholders dalam pengambilan keputusan.